Cara Membuat Relasi Antar Tabel Database

Database merupakan kumpulan dari tabel-tabel yang akan menyimpan data mentah. Pada pembahasan sebelumnya telah diketahui bahwa tabel adalah komponen utama dari sebuah database. Karena itu, setiap tabel harus saling berhubungan agar akses data untuk mendapatkan informasi yang tepat dan cepat dapat dilakukan dengan baik. Misalnya Tabel Dokter dan Tabel Pasien harus memiliki relasi karena dokter bekerja untuk melayani setiap pasien yang datang ke Puskesmas. 

Perhatikan Tabel Dokter dan Tabel Pasien yang telah dibuat sebelumnya.

Tabel Dokter Puskesmas
Atribut/Field Tipe Data Panjang
ID_Dokter Text 5
Nama_Dokter Text 20
Alamat_Dokter Text 30
Jenis_Kelamin Text 1
Keahlian Text 30

Tabel Pasien
Atribut/Field Tipe Data Panjang
ID_Pasien Text 5
Nama_Pasien Text 30
Alamat_Pasien Text 50
Jenis_Kelamin Nunbwe 1
Tgl_Lahir Date/Time
Status Number 1

Dari kedua tabel di atas, nampak bahwa tidak memiliki relasi atau hubungan. Masing-masing berdiri sendiri karena Tabel Dokter hanya berfungsi menyimpan data Dokter dan Tabel Pasien hanya berfungsi menyimpan data Pasien. Relasi antara dokter dan Pasien akan terjadi ketika Pasien datang berobat ke Puskesmas. Karena itu, kita akan membuat sebuah tabel baru dengan nama Tabel RAWAT dinama atribut dari tabel Rawat adalah ID_Dokter, ID_Pasien, Tgl_Rawat, Kode_Penyakit, Kode_Obat. Bentuk tabel Rawat adalah sebagai berikut :

Tabel Rawat
Atribut/Field Tipe Data Panjang
ID_Dokter Text 5
ID_Pasien Text 30
Tgl_Rawat Date/Time
Kode_Penyakit Text 5
Kode_Obat Text 5

Tabel Rawat befungsi untuk menyimpan Data Perawatan setiap pasien. Dari Tabel Rawat, dapat diperoleh informasi tentang sejarah atau riwayat perawatan setiap pasien.

Dalam membangun relasi antar tabel database, perlu diketahui tentang istilah-istilah dalam relasi database sebagai berikut :

  1. Primary Key. Sebuah Field/atribut yang ditandai sebagai kunci utama dari sebuah tabel dengan tujuan untuk membuat nilai dari Field Primary Key sebagai nilai yang unik. Sebagai nilai yang unik, maka setiap data yang disimpan dalam Field Primary Key tidak akan memiliki nilai yang sama. Dengan demikian, maka tidak akan terjadi penyimpanan data yang memiliki data yang sama. Misalnya dalam Tabel Dokter, field yang dapat dipilih sebagai Primary Key adalah ID_Dokter karena setiap dokter memiliki ID yang berbeda. Dengan memilih ID_Dokter sebagai  Primary Key, maka tabel Dokter tidak akan dapat menyimpan ID_Dokter yang sama lebih dari satu kali. Demikian juga pada Tabel Pasien, Primary Key-nya adalah ID_Pasien.
  2. Foreign Key. Sebuah Field dalam sebuah Tabel dimana Field tersebut berasal dari Field Primary Key dari sebuah Tabel Lain dengan tujuan untuk membuat relasi dengan tabel tersebut. Misalnya pada tabel Rawat terdapat Field ID_Dokter, ID_Pasien,Kode_Penyakit, dan Kode_Obat. Ke-4 Field tersebut disebut Foreign Key karena berasal dari Tabel lain.

Relasi ketiga tebel di atas dugambarkan sebagai berikut :

Relasi di atas artinya Dokter dapat merawat banyak pasien (One To Many) dan Pasien dapat dirawat banyak kali (One To Many)

Ada beberapa macam Jenis Relasi antar tabel :
  1. One To One
  2. One To Many
  3. Many To Many
 Pembahasan berikutnya adalah Bagaimana cara membuat Tabel Database dengan MS Access.

Semoga bermanfaat.


Dexon Formula Penghemat BBM, Sekaligus Merawat Mesin Motor

Dexon Formula Penghemat BBM Yang Sekaligus Merawat
Mesin Motor Anda DEXON 1, Formula Penghemat BBM Cukup 3 tetes/liter . Info Detail





  Alarm Motor Murah dan Canggih Agar Motor Tetap Aman


Alarm Motor Trust merupakan alarm motor keluaran baru yang berfungsi untuk menjaga keamanan kendaraan bermotor anda secara Optimal khususnya sepeda motor. Info Detail