Cara Membuat Form Input Data dengan Menggunakan Form Design

Toko Online Serba Ada.

Selamat berjumlah lagi dengan Berbagi Ilmu. Kali ini saya akan membahas tentang “Cara Membuat Form Input Data dengan menggunakan Form Design. Dalam Form ini kita akan mencoba mengunakan komponen Radion Button dan Check Button. Bentuk Form rancangan adalah seperti berikut :


Ayo kita mulai menjalankan program MS Access 2007. Buka Database PUSKESMAS yang sudah dibahas pada materi sebelumnya.  Kita akan belajar membuat Form input untuk tabel  PASIEN yang terdiri dari  6 field dengan tampilan seperti pada gambar di atas. Data Jenis Kelamin diinput dengan menggunakan  Radio Button dan input data Status menggunakan Check Box.  Lihat Cara penggunaan radio Button sudah dibahas pada materi sebelumnya. 

Buka form design dengan cara pilih menu CreateForm Design.


Pada Sheet Property, pilih menu Data, Recordsource. Lalu pilih Tabel PASIEN seperti gambar di bawah ini. Perhatikan bahwa nama tabel Pasien akan tampak pada baris Record Source.


Selanjutnya  pilih Field dari tabel PASIEN yang akan dimasukkan ke Form dengan cara :
Klik icon Add Existing Field pada panel Group Tools, kemudian tampak seperti gambar di bawah ini.


Lakukan Double Click pada 4 field yaitu ID, Nama, Alamat, Tgl Lahir hingga masuk ke Form.  Anda dapat mengedit  nama Label dari masing field, hingga tampak seperti pada gambar di bawah. 


Selanjutnya kita akan membuat Radio Button untuk field Jenis Kelamin dan Check Box untuk field STATUS, maka kita menggunakan Option Group. Lihat Cara menggunakan Radio Button di MS Access.  Dengan mengatur layout sesuai dengan keinginan anda, maka form akan tampak seperti di bawah ini. Setelah selesai, akan tampak seperti di bawah ini.


Jika sudah selesai simpan dengan nama FINPUTPASIEN.  Jalankan Form, maka kita sudah dapat melakukan input data ke Tabel PASIEN seperti  pada gambar di bawah ini.



Input Jenis Kelamin adalah Pria atau Wanita. Jika memilih Pria, maka angka 1 akan disimpan ke dalam tabel. Jika memilih Wanita, maka angka 2 yang akan disimpan. Demikian juga dengan pilihan pada Check Box, Status Kawin = 1, Tidak Kawin = 2, Duda=3, dan Janda = 4.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

God bless you all.



2 comments:

Silakan memberikan komentar dan pertanyaan yang sifatnya positif.