CARA MENGGUNAKAN RADIO BUTTON DI MS ACCESS 2007

Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang penggunaan Radio Button pada MS Access 2007. Radio Button adalah salah satu komponen yang banyak digunakan untuk merancang form input data dalam semua jenis pemrograman. Dengan menggunakan Radio Button, maka program menjadi lebih mudah digunakan oleh pengguna (user friendly). Tujuan penggunaannya adalah untuk memberi pilihan kepada pengguna pada saat melakukan input data dari Form ke dalam tabel database. Radio Button di MS Access 2007 terdapat dalam komponen Option Group.

Dalam Option Group terdapat 3 buah komponen yaitu Radio Button, Check Box, dan Toggle Button. Yang harus kita perhatikan adalah bahwa Nilai dari Option Group selalu bernilai numerik (angka) yaitu 1,2,3, dst. Oleh karena itu type data field yang menerima dan menyimpan data dari pilihan Option Group harus bertype Number. Misalnya kita akan mengisi data field Jenis_Kelamin ke dalam tabe,l maka field Jenis_Kelamin harus bertype Number.

Data input Jenis Kelamin paling tepat menggunakan Radio Button atau Check Box karena hanya memiliki 2 buah pilihan yaitu Pria dan Wanita. Bentuk rancangan dari Radio Button seperti berikut :


Bentuk 1 adalah layout asli dari option button. Namun layoutnya dapat diatur menjadi bentuk 2 dengan cara melakukan drag dari tiap option ke sisi kanan seperti pada layout 2.

Bentuk Rancangan Check Box dan Toggle Button adalah :


Sebagai bahan praktek, kita akan membuat sebuah tabel SISWA dengan field NIS (Text,5), NAMA(Text,25),  ALAMAT (Text,30), JENISKEL(Number, Long Integer).


Baik, kita mulai melakukan rancangan Form sebagai berikut.
Tutup tabel SISWA, kemudian pilih/sorot tabel SISWA
Pilih menu Create, Form. Hasilnya seperti berikut :


Tampilkan Rancangan Design Form dengan cara klik kanan pada siswa2, lalu pilih Design View




Form Design tampak seperti berikut :


Hapus Text Box JENISKEL dengan cara klik pada baris terakhir yaitu di JENISKEL, kemudian tekan tombol DEL pada keyboard anda. Setelah terhapus, anda dapat memasukkan Option Group kedalam Form dengan cara :

Klik tool Option Group pada panel Control. 
Klik pada Form dan tarik (drag) di tempat meletakkan Option Group. Setelah melepas tombol mouse, akan tampak form seperti berikut.


Ketik nama Label dari Option Group seperti pada gambar berikut :


Klik tombol Next


Pilih Yes jika ingin menggunakan Nilai Default. Pilih nilai defaultnya mis. Laki-laki.
Pilih No, jika tidak menginginkan nilai default.
Sekarang Pilih Yes, kemudian pilih Next.


Klik tombol Next


Klik Store the value in this field, kemudian pilih field yang akan menerima dan menyimpan nilai dari option.yang dipilih. Pilih field JENISKEL, karena nilai dari pilihan Option Group akan disimpan ke field JENISKEL. Kemudian klik tombol Next.


Kita diminta memilih salah satu komponen (Option buttons, Check Boxes, Toggle buttons). Komponen mana yang akan kita gunakan. Kita memilih Options buttons. (Anda dapat mencoba pilihan yang lain).
Pilihan berikutnya adalah kita diminta memilih salah satu daro 5 model bingkai (frame). Pilih salah satu menurut selera anda. Kita mencoba memilih Etched, kemudian Next


Tentukan nama dari Option Group. Ketik Jenis Kelamin, kemudian klik Finish. Hasilnya pada form tampak seperti gambar di bawah ini. Anda dapat mengaturnya dengan melakukan drag (klik dan geser) sesuai dengan selera anda. Simpan Form dengan nama sesuai dengan kehendak anda. Saya menyimpan dengan nama SISWA2FORMDESIGN.


Setelah selesai dan jalankan, maka lakukan input data seperti gambar di bawah ini.


Dengan menekan tombol Enter dari keyboard, maka data yang dilakukan di atas, sudah tersimpan ke tabel SISWA. Buka tabel siswa, maka akan tampak seperti gambar di bawah ini.


Demikian Berbagi Ilmu untuk saat ini. Semoga bermanfaat.
Sampai jumpa pada artikel berikutnya. Selamat mencoba, semoga anda sukses.

God bless you all.

No comments:

Post a Comment

Silakan memberikan komentar dan pertanyaan yang sifatnya positif.