Mendisain Halaman Web Dengan Macromedia Dreamweaver 8

Salam sejahterah dalam kasih Tuhan.

Kali ini Berbagi Ilmu akan membahas tentang  Macromedia Dreamweaver yang sangat penting untuk anda yang ingin belajar pemrogram web dengan mudah. Macromedia Dreamweaver adalah sebuah software yang digunakan untuk mendisain halaman web yang profesional. Dreamweaver menyediakan halaman editor HTML profesional yang digunakan untuk mendesain secara visual dan mengelola situs web maupun halaman web. Jika anda menyukai untuk berurusan dengan kode-kode HTML secara manual ataukah lebih menyukai bekerja dengan lingkungan secara visual untuk mendesain halaman web, maka Dreamweaver membuatnya menjadi lebih mudah dengan menyediakan tools yang sangat berguna dalam peningkatan kemampuan dan pengalaman kita dalam mendesain web.


Dreamweaver 8 mengikutsertakan banyak tools untuk kode-kode dalam halaman web beserta fasilitas-fasilitasnya, antara lain : Referensi HTML, CSS dan Javascript, Javascript debugger, PHP, dan editor kode (tampilan kode dan Code inspector) yang mengizinkan kita mengedit kode Javascript, XML, dan dokumen teks lain secara langsung dalam Dreamweaver. 


Halaman web yang dirancang dengan menggunakan Dreamweaver dapat digunakan oleh XAMPP.  Dengan demikian, halaman PHP yang mungkin agak rumit kita rancang sendiri, dapat dengan mudah kita rancang dengan menggunakan Dreamweaver 8 untuk digunakan pada program XAMPP.

Teknologi Dreamweaver Roundtrip HTML mampu mengimpor dokumen HTML tanpa perlu memformat ulang kode tersebut dan kita dapat menggunakan Dreamweaver pula untuk membersihkan dan memformat ulang HTML bila kita menginginkannya. Selain itu Dreamweaver juga dilengkapi kemampuan manajemen situs, yang memudahkan kita mengelola keseluruhan elemen yang ada dalam situs. Kita juga dapat melakukan evaluasi situs dengan melakukan pengecekan broken link, kompatibilitas browser, maupun perkiraan waktu download halaman web.

Sebelum memulai membuat file, kita perlu mengatur situs lokal kita lebih dahulu agar file yang dibuat akan langsung berjalan pada server lokal (localhost). Di sini saya menggunakan XAMPP sebagai server local.

Semoga bermanfaat.

God bless you all.

No comments:

Post a Comment

Silakan memberikan komentar dan pertanyaan yang sifatnya positif.