XAMPP sebagai perangkat lunak webserver gratis




XAMPP adalah perangkat lunak bebas dan dapat diperoleh secara free alias gratis. Program ini sangat penting bagi anda yang mau berhemat  untuk mendapatkan software dengan kualitas bagus. XAMPP  dapat digunakan pada empat  sistem operasi (Window, Linux, Solaris, dan Mac OS).  Anda dapat mendownload sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan.

XAMPP terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.  Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi ), Apache, MySQL, PHP dan Perl. 

A = Apache, adalah aplikasi web server yang berguna untuk membuat komputer anda sebagai webserver local (localhost).
M = MySQL, adalah aplikasi database server yang berguna untuk mengelola database.
P = PHP, adalah bahasa pemrograman web yang populer saat ini.
P = Perl, adalah bahasa pemrograman.

PHP adalah program web untuk membuat web menjadi dinamis, dimana web dapat menerima input dari user dan dapat mengakses database. Dreamweaver adalah salah program yang dapat digunakan untuk merancang halaman web dengan mudah. Program ini penting untuk anda miliki jika ingin belajar pemrograman web dengan serius.

Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya (http://www.apachefriends.org/en/xampp.html).
Versi terbaru saai ini adalah XAMPP 1.8 .  

- PHP 5.4.4
- Apache 2.4.2
- MySQL 5.5.25a
- phpMyAdmin 3.5.2
- FileZilla FTP Server 0.9.41
- Tomcat 7.0.28 (with mod_proxy_ajp as connector)
- Strawberry Perl 5.16.0.1 Portable
- XAMPP Control Panel 3.0.12 (from hackattack142).

XAMPP merupakan pilihan terbaik bagi pelajar dan mahasiswa untuk belajar web programming dengan baik. Karena dengan mengistall XAMPP, maka kita langsung menginstall 4 macam program sekaligus yaitu Apache, MySQL, PHP dan Perl. Setelah itu, komputer anda siap digunakan sebagai server lokal dan belajar pemrogram internet dengan mudah. Silakan cari "Cara menginstall XAMPP" di google.

Informasi lengkap, silakan kunjungi website resmi xampp.

Jika anda sudah menginstall XAMPP di komputer anda, maka komputer anda sudah dapat berfungsi sebagao lokal server. Untuk mengujinya, ketikkan localhost pada browser anda. Jika sudah siap sebagai server lokal, maka akan tampak halaman web seperti gambar di bawah ini.


Jika anda menjalankan XAMPP, maka akan tampak pada layar seperti gambar di bawah ini.


Jika Apache dan MySql dalam posisi Running, maka XAMPP sudah dapat anda gunakan untuk membuat program web.

Selamat mencoba. Semoga anda sukses. Amin.

God bless you all.

No comments:

Post a Comment

Silakan memberikan komentar dan pertanyaan yang sifatnya positif.