Tutorial Cara Menjalankan Turbo Pascal di Windows XP, Vista, dan 7 64-bit

Salam Sejahterah

Pernahkah kalian mendengar tentang Turbo Pascal?  Apa itu Turbo Pascal? Dan apa pula fungsinya? Turbo Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman Pascal paling popular di dunia hingga saat ini. Perangkat lunak ini mulai dibuat oleh Borland International, Inc. pada tahun 1983 sebagai pengembangan dari perangkat-perangkat lunak sejenis lainnya yang sudah ada pada waktu itu. Dengan cara penggunaannya yang cukup mudah dan sederhana serta dapat digunakan secara cuma-cuma alias gratis (freeware). Program Turbo Pascal menjadi pilihan terbaik bagi pelajar dan mahasiswa untuk mengenal konsep dasar bahasa pemrograman tingkat tinggi. Program Turbo Pascal banyak digunakan sebagai mata pelajaran Dasar Pemrograman Komputer karena mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain, mis bahasa C++ dan Java.

Meskipun Demikian, hingga versi terakhirnya yaitu versi 7.1 yang dirilis pada tahun 1997, bahasa pemrograman ini hanya dapat berjalan di Windows 32-bit (x86), baik itu Windows XP, Vista, maupun 7. Lalu bagaimana cara menyetting Turbo Pascal agar dapat berjalan di Windows 64-bit (x64)?

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan*1):

1. Persiapkan terlebih dahulu perangkat lunak bernama DOSBox. Perangkat lunak inilah yang akan kita fungsikan sebagai media perantara dalam menjalankan Turbo Pascal di Windows 64-bit. Jika belum memiliki, kalian dapat men-download versi terbarunya DI SINI.

2. Persiapkan pula perangkat lunak Turbo Pascal-nya. Jika belum memiliki, kalian dapat men-download versi terbarunya DI SINI. Password Mediafire: princinata

3. Setelah kedua perangkat lunak selesai dipersiapkan, lakukan instalasi untuk DOSBox-nya dan ekstraksi untuk Turbo Pascal-nya (klik kanan pada file >> pilih Extract Here). Untuk lebih mempermudah dalam melakukan penyetingan, kalian dapat meletakkan file-file ekstraksi Turbo Pascal-nya di partisi C (C:\). Sekarang kita dapat memulai proses pengonfigurasian keduanya.

4. Jalankan perangkat lunak DOSBox-nya. Setelah terbuka, ketikkan sintaks berikut pada jendela yang muncul:
MOUNT C C:\TP      
..(tunggu sampai proses mounting telah berhasil)..
C:                               
BIN\TPX.exe            
Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut:



5.    Jika berhasil, maka secara otomatis tampilan awal pada perangkat lunak Turbo Pascal akan segera terbuka. Seperti pada gambar berikut ini:


6.    Klik OK atau tekan ENTER untuk memulai mengetikkan sintaks.

SELAMAT!! Sekarang kalian dapat menggunakan perangkat lunak Turbo Pascal di Windows 64-bit kalian.

NB :
+ Lakukan hal yang sama setiap kali kalian ingin menggunakannya kembali.       
+ Ketika ingin menjalankan program, sebaiknya kalian menggunakan pointer untuk menuju perintah RUN, bukan dengan Ctrl+F9. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan pada saat menjalankan program.

*1) : Untuk memperoleh hasil yang diharapkan, saya merekomendasikan kalian untuk men-download perangkat lunak yang dibutuhkan di BLOG INI.

Nah, itulah tutorial menjalankan Turbo Pascal di Windows 64-bit (x64) dari saya. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian..

Selamat mencoba.
God bless you all.

No comments:

Post a Comment

Silakan memberikan komentar dan pertanyaan yang sifatnya positif.