Pengenalan Program Matlab Untuk Komputasi Numerik

MATLAB adalah bahasa tingkat tinggi yang berifat interaktif untuk aplikasi komputasi numerik, visualisasi, dan pemrograman.  MATLAB merupakan alat bantu untuk menganalisis data, mengembangkan algoritma, dan membuat model dan aplikasi. Anda dapat menggunakan MATLAB untuk berbagai aplikasi, termasuk pemrosesan sinyal dan komunikasi, citra dan pemrosesan video, sistem kontrol, uji dan pengukuran, komputasi keuangan, dan komputasi genetika


Menjalankan Program Matlab 

Menjalankan Program Matlab dimulai dengan melakukan klik ganda pada ikon matlab dan hasil tampilan seperti di bawah ini :

 
Gambar 1. Tampilan Command Window Matlab

Keluar dari Matlab :

Jika anda ingin keluar dari program Matlab, anda dapat mengetikkan perintah Exit atau quit pada promt matlab (>>).

>> Exit
atau

>>quit

Cara lain dengan memilih menu File kemudian pilih menu Exit Matlab

Apa itu Matlab?

Matlab  merupakan singkatan dari Matrix Laboratory yang dikembangkan oleh The MathWorks. Program Matlab dirancang  untuk bekerja berdasarkan konsep matriks. MATLAB memungkinkan manipulasi matriks, pem-plot-an fungsi dan data, implementasi algoritma, antarmuka pengguna, dan peng-antarmuka-an dengan program dalam bahasa lainnya. Program Matlab dikembangkan dengan membuat toolbox siap pakai yang memungkinkan memiliki kemampuan mengolah komputasi aljabar komputer. Sebuah paket tambahan, Simulink, menambahkan simulasi grafis multiranah dan Desain Berdasar-Model untuk sistem  dinamik.

Manfaat Program Matlab

Program Matlab umumnya digunakan di bidang teknik yang berhubungan dengan komputasi matematika dan numerik. Penggunaannya mudah dan sederhana karena setiap perintah dapat direspon secara langsung oleh program. Oleh karena cara kerja demikian, maka Program Matlab bagaikan sebuah kalkulator cangih.

Perhatikan contoh berikut :

Menggunakan program Matlab bagaikan menggunakan sebuah kalkulator yang sangat canggih seperti pada contoh di atas. Sangat menarik bukan? Selamat berkenalan dengan Matlab.

Semoga bermanfaat.
God bless you all
                                                                                                                                 Lanjutkan

No comments:

Post a Comment

Silakan memberikan komentar dan pertanyaan yang sifatnya positif.