Percabangan tunggal dengan IF dalam pemrograman bahasa C++

Statement if adalah salah satu statement yang digunakan untuk melakukan penyeleksian kondisi pada sebuah pernyataan logika atau pembanding, apakah benar atau tidak.  Jika kondisi pada pernyataan logika atau pembanding benar, maka akan menghasilkan nilai benar ( true). Jika kondisinya Salah, maka akan menghasilkan nilai Salah.

Bentuk Percabangan IF  terdiri dari :

1. If
2. If – else
3. If – else if - else

Bentuk IF

Bentuk if digunakan jika  hanya akan mengerjakan satu pernyataan, dimana pernyataan akan dikerjakan ketika kondisi bernilai BENAR.

Bentuk  Perintah :

if (kondisi) {
    pernyataan;
}

Flowchart :

Pernyataan adalah baris kode program yang akan dikerjakan jika kondisi bernilai benar.  Baris pernyataan di bawah IF harus diapit oleh tanda kurung kurawal { dan }. Jika pernyataan hanya satu, maka tanda kurung kurawal boleh dihilangkan.

Contoh : 

Buatlah program untuk menentukan apakah nilai yang di input lebih besar dari 50. Jika YA, maka tampilkan informasi “Nilai Anda lebih besar dari 50”. Jika TIDAK, maka tidak ada proses. 

Program :

#include  
#include
#include

void  main()
{ clrscr();
  int nilai;
  printf("\nMasukkan Nilai : ");  scanf("%d", &nilai);
  if (nilai > 50)
    {
      printf ("\nNilai Anda lebih besar dari 50");
    }
    printf ("\nTekan sembarang tombol");
    getch();
}

 Output program :



Penjelasan output :

Jika nilai input 45, maka IF bernilai salah dan tidak melakukan proses dan program langsung mengerjakan fungsi getch() dengan menghentikan tampilan teks “Tekan sembarang tombol”.

Jika nilai input 60, maka IF bernilai benar dan akan mengerjakan proses dengan informasi “Nilai Anda lebih besar dari 50”. Kemudian mengerjakan fungsi getch() dengan menghentikan tampilan teks “Tekan sembarang tombol”.


Demikian pembahasan tentang percabangan tunggal dengan fungsi if dalam promrograman bahasa C++.  Semoga bermanfaat.

God bless you all.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan memberikan komentar dan pertanyaan yang sifatnya positif.