Kesehatan adalah Harta terindah bagi setiap orang

Setiap orang memilki sebuah harta yang paling utama adalah kesehatan.  Dengan memiliki kesehatan yang baik, maka kita dapat menjalani kehidupan ini dengan penuh semangat . Sebaliknya jika memiliki kesehatan yang tidak baik, maka kita tidak dapat menjalani kehidupan dengan baik. Artinya  jika kesehatan sering terganggu, maka aktifitas dan pekerjaan kita akan terganggu pula.  

Karena itu,  setiap orang perlu menjaga kesehatannya dengan baik.  Jika kesehatan terganggu, maka biaya untuk mengobatinya bisa menjadi sangat besar. Kesehatan merupakan harta yang paling mahal dan paling penting dibandingkan dengan harta yang lain sebab kesehatan dapat menyebabkan penderitaan fisik jika tidak dijaga dengan baik. Namun ada sebagian orang yang tidak peduli terhadap kesehatannya demi untuk mendapatkan uang atau kesenangan sesaat. 

Sesuatu yang paling berharga pada diri seseorang adalah kesehatan. Untuk itu kita jangan malas menjaga kesehatan apalagi melakukan sesuatu yang bisa merusak kesehatan, Misalnya merokok, minum alkohol, suka begadang, suka makan makanan instan, dan lain-lain. 

Cara terbaik menjaga kesehatan

Berikut ini ada beberapa tips bagaiamana cara menjaga kesehatan yang baik dan sederhana. 

Memiliki tubuh dan badan yang sehat seumur hidup adalah dambaan setiap orang. Namun situasi dan kondisi lingkungan sekitar kita serta bervariasinya daya tahan tubuh seseorang terhadap penyakit membuat impian tersebut sulit untuk dicapai. Semua orang pasti pernah sakit, namun resiko sakit dapat diminimalkan atau dikurangi resikonya dengan memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Istirahat / Tidur 

Waktu yang diperlukan manusia normal untuk tidur kurang lebih 8 jam sehari atau sepertiga hari. Waktu tidur akan bertambah sesuai usia, di mana bayi, anak kecil dan manula membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dari orang dewasa dan anak muda. Tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan energi di dalam tubuh, sehingga dapat menghindarkan diri kita dari berbagai serangan penyakit yang merugikan. 

2. Makanan 

Makanlah makanan yang bergizi secara teratur, tidak berlebihan dan tidak kurang. Kelebihan makanan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang akhirnya menimbulkan penyakit kencing manis yang sangat berbahaya. Kekurangan makan juga dapat menyebabkan kurang gizi, darah rendah, lesu, dan sebagainya. Perhatikan pula kandungan gizi sesuai takaran yang wajar, karena berlebihan suatu zat tidak baik untuk kesehatan. Jaga pola makan dan hindari makanan cepat saji.

3. Kondisi Psikis / Psikologi 

Jangan terlalu stres dengan berbagai hal dalam hidup anda. Buat apa susah, lebih baik kita bergembira. Jika pekerjaan anda membuat anda stres dan pusing tujuh keliling terus-menerus maka sebaiknya anda mulai mencari peluang bisnis atau pekerjaan lain yang tidak banyak membuat anda stres. Bila anda punya masalah ada baiknya anda bicarakan dengan orang terdekat dengan anda. Beban psikis dan pikiran dapat mempengaruhi daya tahan tubuh yang efeknya dapat mengundang penyakit jasmaniah dan rohaniah. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Luangkan waktu anda untuk sesuatu yang menyenangkan bagi diri anda sendiri dan jangan sekali-kali lari dari masalah dengan cara yang salah misalnya lari minuman keras dan narkoba. 

4. Daya Tahan Tubuh 

Tingkatkan daya tahan tubuh anda dengan mengkonsumsi berbagai makanan atau minuman alami yang dapat menangkis serangan kuman dan penyakit. Membiasakan diri dengan minum minuman herbal atau alami seperti  air putih, jamu tradisional, teh kental pahit setiap hari, teh kulit manggis, teh kumis kucing,  teh daun sirsak, dan makan sayur-sayuran yang dimasak tanpa bumbu. Misalnya sayur bening.  Teh herbal dapat mengingkatkan zat anti oksidan dalam tubuh untuk melenyapkan zat radikal bebas dari alam sekitar yang merugikan kesehatan kita. 

5. Ekonomi Finansial 

Memiliki penghasilan yang cukup untuk keperluan sehari-hari dan tabungan untuk masa depan yang halal akan membuat hidup anda tenang lahir dan batin. Jika anda masih berjuang dengan kebutuhan dasar maka rubahlah pola pikir anda. Bekerja sama dengan istri, suami atau kawan anda untuk merintis sebuah usaha yang memiliki peluang serta prospek yang baik, siapa tahu bisa sukses dan membuat anda terbebas dari masalah finansial. Jangan hidup boros, dan mulailah hidup sederhana walaupun penghasilan anda besar. 

6. Sosial 

Hiduplah yang rukun dengan tetangga anda di lingkungan sekitar anda. Perbanyak teman dan relasi serta jauhi permusuhan dan segala sifat dan sikap buruk pada orang lain. Istilahnya seribu teman masih kurang, satu musuh kebanyakan.sudah kebanyakan. Memiliki hubungan yang baik dengan para tetangga dan saudara sangat menguntungkan bagi anda, karena mereka dapat menolong anda sewaktu-waktu anda membutuhkannya. Pemilihan teman juga sangat penting. Pilihlah teman yang baik-baik yang bisa membantu anda dan tidak akan menjerumuskan atau merugikan anda. Timbal balik pun juga penting, di mana anda harus memberikan bantuan pada orang lain yang membutuhkan pertolongan. Kehidupan sosial yang baik dan sehat dapat membuat anda rileks dan dapat mengurangi resiko terkena gangguan kejiwaan baik yang ringan maupu yang berat.

Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

Silakan memberikan komentar dan pertanyaan yang sifatnya positif.