Panduan Membuat Blog Pribadi

Membuat sebuah blog dengan layanan blogspot sangatlah muda karena anda tidak perlu menguasai bahasa pemrograman web. Dengan layanan blogspot tidak akan meminta bayaran kepada anda alias gratis seumur hidup. Jika anda sudah mahir menggunakan program pengolah kata dengan MS Word, maka pasti anda dapat membuat sebuah blog.  

Apakah manfaatnya memiliki blog pribadi?

Blog sangat penting bagi anda jika anda punya informasi atau pengetahuan yang ingin dibagikan kepada orang lain. Misalnya anda punya hobby main game, maka anda bisa membagi pengalaman anda tentang masalah game.
  1. Bagaimana cara bermain game dengan baik. 
  2. Bagaimana dan dimana orang lain bisa mendapatkan game dengan gratis atau dengan cara membeli.
  3. Bagaimana trik dan tips bermain game untuk mengalahkan lawan main
  4. Dan sebagainya
Kalau anda punya hobby menonton film, sinetron, lomba ajang bakat di televisi, maka anda dapat berbagi cerita dengan menuliskan pendapat anda tentang apa yang anda sudah nonton sebelumnya. Kalau anda punya hobby menonton sepak bola, maka anda  bisa juga menuliskan komentar anda tentang pemain bola atau klub-klub bola yang akan bertanding, baik klub nasional atau pun klub yang ada di luar sana. Masalah kecantikan, kesehatan, masakan, kue, dan sebagainya dapat anda tuliskan dalam blog anda.

Jadi memiliki sebuah blog merupakan tempat untuk menuliskan informasi, pengetahuan, ide, pendapat, komentar atau apa saja yang bermanfaat bagi orang lain. Dengan menuliskan melalui blog, maka orang lain akan membaca dan memberikan komentar balik tentang tulisan anda.

Untuk membuat sebuah blog, maka anda harus terkoneksi dengan jaringan Internet dengan bermodalkan sebuah PC atau laptop. Jika anda tidak memilikinya di rumah, maka anda bisa memanfaatkan lab komputer di sekolah atau kampus anda. Selain itu, bisa menggunakan warnet jika masih ada di sekitar anda. 

Apa Keuntungan Memiliki Blog?

Ada beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan dari blog pribadi, yaitu :
  1. Dapat berbagi informasi kepada orang lain yang membutuhkan. Dalam hal ini anda dapat menolong orang lain mengatasi kesulitannnya. Jadi anda “memberi” solusi atau jawaban atas kesulitan dan pertanyaan orang lain.. 
  2. Anda dapat menuliskan pengalaman anda yang bermanfaat bagi diri anda sendiri dan orang lain.
  3. Anda dapat menghasilkan uang dengan memasang iklan dari pihak ketiga di blog anda, misalnya iklan Google, Accesstrade,  dll,
  4. Anda dapat menghasilkan uang dengan memasang iklan bisnis afiliasi anda (tanpa modal). Misalnya anda menjadi afiliasi (pemasar) barang-barang dari di sebuah took online.
  5. Dan lain-lain.
Blog merupakan layanan Platform seperti website yang menyediakan tempat bagi para penggunanya untuk membagikan tulisan, gambar, dan video. 

Bagi  anda para pemula yang ingin memiliki blog tetapi masih bingung bagaimana cara memulianya, maka inilah langkah-langkah yang perlu anda lakukan.
  1. Siapkan PC/laptop yang terkoneksi dengan internet
  2. Tentukan idea tau topik yang ingin anda tuliskan dalam blog anda.
  3. Anda harus memiliki email dari gmail sebelum mendaftar. Jika belum punya, maka buatlah terlebih dahulu. Ini aturan yang harus dilakukan karena blogger dan  gmail  adalah saudara kandung, anak dari Mister Google.
  4. Mendaftar sebagai member blogger.
  5. Tuliskan materi yang akan anda bagikan dalam blog.
Tulisan yang akan anda masukkan ke blog anda, bisa anda siapkan lebih dahulu dengan menggunakan ms word. Jika sudah siap, anda tinggal copy paste ke layar edit blogspot, kemudian anda tinggal mengatur layoutnya dan tambahkan gambar jika tulisan anda menggunakan gambar. 

Dengan cara demikian, maka waktu anda menggunakan internet semakin singkat, jadi bisa berhemat biaya internet anda.

Cukup muda bukan? Ayo, mari membuat blog dan silakan tuangkan ide dan pengalaman anda ke dunia luar. 

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silakan memberikan komentar dan pertanyaan yang sifatnya positif.