Contoh pernyataan goto. break, dan continue dalam perulangan

1.  Pernyataan goto 

Pernyataan goto merupakan perintah untuk berpindah atau melompat ke bagian program dimana terdapat pernyataan yang diawali dengan suatu label yang disebutkan pada goto. 

 Contoh pernyataan goto dalam program


Penjelasan program :

Program meminta masukan nilai a. kemudian dihitung hasil sisa baginya. Hasilnya kemudian dicetak pada layar. Setelah proses selesai, maka program bertanya kepada user “Ingin hitung lagi?” Kemudian proses dihentikan oleh pernyataan lagi=getche(). Proses akan dilanjutkan ketika user mengetik salah satu karakter. Jika user menekan huruf Y atau y, maka pernyataan goto atas akan memindahkan kursor ke awal program dimana terdapat label atas: Dengan demikian, maka terjadi proses perulangan.

2.  Pernyataan break

Pada pembahasan switch case, pernyataan break berfungsi untuk keluar dari struktur switch. Selain itu pernyataan break juga berfungsi keluar dari perulangan (for, while dan do-while). Jika pernyataan break dikerjakan, maka proses akan keluar dari loop kemudian dilanjutkan ke pernyataan selanjutnya.

2.1. Break dalam perulangan Do While 

Penjelasan program :

Dalam perulangan do-while, nilai variabel n akan dicek dengan pernyataan if(n>=6). Jika pernyataan bernilai salah, maka nilai n akan dicetak. Jika pernyataan bernilai benar maka  perintah break akan dikerjakan dan proses akan keluar dari loop.

Hasil program akan mencetak angka 1 s/d 5.

2.2 Break dalam Perulangan While 


Penjelasan program :

Kondisi while(n<=10) artinya kerjakan pernyataan selama nilai n lebih kecil atau sama dengan 10. Tetapi dalam perulangan while terdapat pernyataan if(n>5) untuk memerika nilai variabel n Jika pernyataan bernilai salah, maka nilai n akan dicetak. Jika pernyataan bernilai benar maka  perintah break akan dikerjakan dan proses akan keluar dari loop. 

Hasil program akan mencetak angka 1 s/d 5.

3.  Pernyataan continue

Pernyataan continue digunakan untuk mengarahkan eksekusi ke iterasi (proses) berikutnya pada loop yang sama, dengan kata lain mengembalikan proses yang sedang dilaksanakan ke-awal loop lagi, tanpa menjalankan sisa perintah dalam loop tersebut.

Contoh pernyataan continue dalam Perulangan FOR 


Penjelasan program :

Dalam perulangan for terdapat penyataan continue.  Ketika pernyataan continue dikerjakan, maka proses akan kembali ke pernyataan for, dan pernyataan setelah continue tidak akan pernah dikerjakan.

Hasil program akan mencetak nilai  1 s/d 10.

Demikian pembahasan tentang penggunaan perintah goto, break, dan continue dalam proses perulangan dengan pemrograman bahasa C++. Selamat belajar, semoga sukses selalu,



No comments:

Post a Comment

Silakan memberikan komentar dan pertanyaan yang sifatnya positif.