Cara Menggunakan Combo Box di MS Access


Combo Box adalah salah kompunen yang banyak digunakan pada saat menginput data dengan cara memilih salah satu data yang ada. Kita akan mencoba mengembangkan tabel Dokter yang telah dibuat pada artikel Cara Membuat Tabel Database dengan MS Access. Dalam Tabel Dokter  ada 2 field yang memerlukan data  Pilihan yaitu Jenis Kelamin (Pria/Wanita) dan Keahlian (Umum, Mata, THT, Paru, dll).

Untuk  dapat melakukan pilihan tersebut, maka kita perlu menambah tabel Jenis Kelamin (JEKEL) dengan field kodeJK(2), namaJK (25) dan tabel Keahlian dengan field kodeKH(3), namaKH (25). Data yang ditampilkan pada Combo Box nanti akan diambil tabel. Buatlah tabel dengan struktur Tabel tersebut seperti berikut :


Masukkan data ke dalam tabel dengan cara : Pilih nama tabel pada daftar tabel di sisi kiri layar (Navigation Pane), klik kanan dan pilih Open.



Masukkan data seperti di bawah ini.


Sekarang kita sudah mempunyai 3 buah tabel.


Buka tabel Dokter dengan cara klik kanan pada Tabel Dokter, lalu pilih Design View.  Sesuaikan nama field penghubung antar tabel dalam tabel Dokter. Caranya ganti nama field Jenis_kelamin menjadi kodeJK dengan field size 2 dan field Keahlian diganti menjadi kodeKH dengan field size 3. Dilakukan demikian karena data yang disimpan dalam tabel Dokter adalah kode dari masing-masing data, bukan nama datanya.


Setelah selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan setting Combo Box pada Field kodeJK dankodeKH pada tabel Dokter. Akan dibahas pada artikel berikutnya : Cara Setting Combo Box pada Form Input Data di Ms Access.

Selamat mencoba. God bless you all.

Makanan Kesehatan Untuk Anda , Jeli Gamat dan Spirulina

3 comments:

  1. gan boleh minta code comentar yang agan pake ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. komentar ini bawaan dari blospot gan, ngk pake kode khusus.

      Delete
  2. gan kalo isi data otomatis gimana ya.

    ReplyDelete

Silakan memberikan komentar dan pertanyaan yang sifatnya positif.