Konsep Dasar Pemrograman C++

Bahasa C++ dikembangkan dari bahasa C oleh Bjarne Stroustrup pada awal 1980-an.   Bahasa C++ memiliki sifat-sifat seperti inheritance dan overloading. Bahasa C++ menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

Bahasa pemrograman C++  termasuk bahasa tingkat tinggi sama seperti bahasa Pascal (high level programming language) artinya bahasa yang dapat dimengerti oleh manusia tetapi tidak dapat dimengerti oleh mesin atau komputer. Sebaliknya bahasa tingkat rendah adalah bahasa yang dapat dimengerti oleh mesin tetapi tidak dapat dimengerti oleh manusia.

Bahasa tingkat tinggi ditulis oleh manusia dengan nama file yang ekstensi .CPP atau .C untuk bahasa C++ dan ekstensi .PAS untuk bahasa Pascal. Sedangkan bahasa tingkat rendah memiliki ekstensi .EXE yang diperoleh dengan mengkompilasi file CPP atau .PAS.

Agar bahasa tingkat tinggi dapat dimengerti oleh mesin, maka diperlukan penterjemah yang disebut Compiler.  Compiler akan mengubah bahasa tingkat tinggi menjadi bahasa mesin. Karena itu, setiap bahasa pemrogram memiliki compiler. Dengan demikian, maka program yang dibuat manusia dapat bekerja dengan baik pada sebuah komputer.

Download Program Turbo C++ For Windows

Proses belajar yang baik adalah belajar sambil praktek. Tanpa  praktek, maka ilmu anda tidak bisa berkembang. Silakan download program Turbo C++  dan install di komputer anda. Setelah itu, anda dapat belajar sambil mempraktekkan setiap contoh-contoh program yang akan diberikan. Silakan download pada link ini :  Download

Struktur Dasar Bahasa C++

# include
Void main()
{
      Instruksi-instruksi    /* Berisi perintah program */
}

Penjelasan :
  1. # include : Fungsinya untuk mengaktifkan library atau pustaka bahasa c++ yang berisi daftar perintah-perintah bahasa C++ yang akan digunakan dalam program. Misalnya pustaka dengan nama conio.h harus diaktifkan jika kita menggunakan perintah clrscr() yang berfungsi menghapus layar. Jika tidak conio.h disebutkan pada #include, maka perintah clrscr() tidak dapat dikenali sebagai perintah yang benar.
  2. Void main()   : adalah nama fungsi utama dalam bahasa C++,. Setiap program dapat berisi beberapa fungsi tetapi fungsi dengan nama main() selalu ada. Fungsi main() didahui oleh kata kunci void artinya fungsi main() tidak mengembalikan sebuah nilai balik..
  3. Tanda  { Menandakan awal program dan tanda  } Menandakan akhir program.
  4. Instruksi : Berisi perintah-perintah yang akan dilakukan program.
Prinsip Kerja Program C++ :
  • #include . Baris tersebut bukanlah sebuah pernyataan, karena itu tidak diakhiri dengan tanda titik koma. Baris tersebut menginstruksikan kepada kompiler untuk menyisipkan file lain saat program dikompilasi. File-file pustaka berakhiran .h disebut file header, Misalnya file iostream.h perlu disertakan pada program yang menggunakan obyek cout. Karena file iostream.h berisi deklarasi yang diperlukan oleh cout dan berbagai obyek yang berhubungan dengan masukan dan keluaran pada stream.
  • Penulisan perintah bersifat case sensitip, artinya huruf besar dan kecil dibedakan.
  • Perintah-perintah dalam bahasa C++ tidak boleh ditulis dalam huruf besar, misalnya perintah yang salah : Main(), MAIN(), Printf, dll.
  • Program C++ , minimal mengandung 1 fungsi utama yang bernama main(). Eksekusi program akan diawali dengan mengeksekusi fungsi main().
  • Setiap fungsi terdiri atas satu atau beberapa pernyataan, untuk menyelesaiakan tugas khusus.
  • Bagian pernyataan fungsi atau tubuh fungsi diawali dengan tanda kurung kurawal buka ({) dan diakhiri tanda kurung kurawal tutup (}).
  • Semua karakter di dalam simbol  /*  dan   */    atau setelah simbol garis miring ganda  // akan diabaikan oleh compiler. Simbol tersebut digunakan untuk menuliskan komentar atau penjelasan baris program.
Perintah Dasar :
  1. Pustaka stdio.h digunakan untuk mengaktifkan perintah printf dalam pustaka stdio.h. Jika tidak diaktifkan, maka akan terjadi kesalahan atau error pada perintah printf.
  2. printf(“Teks”) : digunakan untuk mencetak teks di layar komputer
  3. Simbol \n  : perintah untuk  memindahkan kursor ke baris berikutnya.
  4. Komentar/ Keterangan :  /* Komentar */
  5. clrscr()  : untuk membersihkan layar sebelum menampilkan teks.
  6. getch() : perintah untuk menghentikan tampilan output program. Jika tidak digunakan, maka output program tidak akan tampak di layar karena langsung keluar dari program.
Contoh program

#include
#include

 void main()
 {  clrscr();  //hapus layar
   /* cetak ke layar */
    printf("  Hello world, ini program C++ saya yang pertama \n");
    printf("  Saya mau belajar Turbo C++ ");
    getch(); //menghentikan tampilan output.
}

Output program :


Demikian konsep dasar dari Pemrograman dasar dengan bahasa C++. Semoga bermanfaat.


God bless you all

2 comments:

Silakan memberikan komentar dan pertanyaan yang sifatnya positif.