Variabel Lokal dan Global dalam pemrograman bahasa C++

Berdasarkan ruang lingkupnya, variabel ada 2 macam :
  1. Variabel lokal adalah variabel yang didefinisikan dalam suatu fungsi tertentu, sehingga hanya dikenal secara lokal dalam fungsi tersebut dan tidak dapat dikenali oleh fungsi lain. Misalnya 2 buah fungsi memiliki variabel lokal yang sama misa x, maka variabel x dalam kedua fungsi tidak akan saling mengenali sehingga tidak terjadi kesalahan.
  2. Variabel global adalah variabel yang bersifat global artinya variabel yang dapat dikenali oleh seluruh fungsi yang terdapat dalam program. Variabel global dideklarasikan diluar fungsi, pada awal program bersama dengan prototipe fungsi serta pengarah kompiler.
Contoh  program :

Agar lebih muda memahami, maka dalam contoh berikut akan digunakan fungsi tanpa nilai balik atau bertipe void. Semua fungsi bertipe void yang terdiri dari dari fungsi_A(), fungsi_B(), fungsi garis(), dan fungsi main(). Dalam program digunakan 2 buah variabel X dan Y yang bersifat global dan lokal.




Penjelasan:

Dalam program terdapat 2 buah variabel yaitu X dan Y.  Ada yang bersifat global dan ada yang bersifat lokal. X dideklarasikan sebagai variabel global pada awal program tetapi dideklarasikan juga sebagai variabel lokal dalam fungsi main() dan fungsi_A(). Hal ini diperbolehkan karena tidak saling mengenal.

Yang perlu diperhatikan adalah ketika X dideklarasikan sebagai variabel lokal, maka nilai variabel X global tidak berlaku dalam fungsi. Oleh karena itu, hasil penjumlahan X + Y dalam fungsi_A(), fungsi_B(), dan fungsi main() tidak memberikan hasil yang sama.

Output Program 



Demikian pembahasan tentang Variabel lokal dan global dalam pemrograman bahasa C++.  Selamat belajar, semoga sukses selalu.


2 comments:

Silakan memberikan komentar dan pertanyaan yang sifatnya positif.