Fungsi Tanpa dan Dengan Nilai Balik dengan Bahasa C++

Pada pembahasan ini, akan diberikan contoh program tentang Fungsi Dengan nilai balik dan tanpa nilai balik. Dalam  contoh terdapat 2 buah variable x dan y akan diinput kemudian dikalikan. Proses input dilakukan dalam fungsi main() dan proses perkalian dilakukan dalam fungsi kali().  Diberikan 2 macam contoh untuk memperlihatkan bagaimana perbedaan antara Fungsi tanpa nilai balik dengan fungsi yang memberikan nilai balik. Kedua contoh memberikan hasil yang sama. 

1. Contoh  Fungsi Tanpa Nilai Balik



Penjelasan :

Fungsi kali dipanggil dan mengirim nilai variable x dan y dari program utama ke dalam fungsi kali. Nilai tersebut kemudian diterima oleh variable a dan b.  Perhatikan bahwa variable x, y, a, dan b harus memiliki tipe yang sama. Dalam fungsi kali, nilai a dan b kemudian dikalikan. Karena fungsi kali bertipe void (tidak dapat memberikan nilai balik) maka hasil kali langsung dicetak dalam fungsi itu sendiri.

Output program :


2. Contoh Fungsi Dengan Nilai Balik


Penjelasan :

Fungsi kali dipanggil dan mengirim nilai dari variable x dan y dari program utama ke dalam fungsi kali. Nilai tersebut kemudian diterima oleh variable a dan b.  Perhatikan bahwa variable x, y, a, dan b harus memiliki tipe yang sama. Dalam fungsi kali, nilai a dan b kemudian dikalikan. Karena fungsi kali bertipe double maka hasil kali dengan tipe double  dikembalikan ke dalam fungsi main() kemudian disimpan dalam variable z. Variabel z harus bertipe double karena menyimpan nilai bertipe double yang diterima dari fungsi kali. Hasil kali, dicetak dalam fungsi main().


No comments:

Post a Comment

Silakan memberikan komentar dan pertanyaan yang sifatnya positif.